Pengaruh Kebutuhan Mencari Variasi Dan Brand Image Terhadap Brand Switching Behavior Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pelanggan The Body Shop Di Indonesia)

Authors

  • Nyoman Selsa Mustika Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Baiq Handayani Rinuastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Lalu Edy Herman Mulyono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jseh.v9i1.221

Keywords:

Variety Seeking, Brand Image, Brand Switching Behavior, Customer Satisfaction

Abstract

The goals of this research is to determine the effect of Variety Seeking and Brand Image on Brand Switching Behavior by mediating Customer. The population is consumers who have made purchases of other brands before The Body Shop at least 1 time, while the sample is 85 consumers using purposive sampling. This type of research is associative research. Processing data in this study using SmartPLS versi 4.0.0 software. Based on the results of the analysis, Variety Seeking affects Brand Switching Behavior, Variety Seeking affects Customer Satisfaction, Customer Satisfaction affects Brand Switching Behavior and Brand Image effect Customer Satisfaction, Variety Seeking has no significant affects on Brand Switching Behavior and Brand Image has no significant effect on Brand Switching Behavior. However, Customer Satisfaction is able to mediate between Variety Seeking and Brand Image on Brand Switching Behavior.

References

Agustian, Aulia, Asep Muhammad Ramdan dan Dicky Jhoansyah. 2022. Analisis Kepuasan Konsumen Dan Pencarian Variasi Terhadap Perpindahan Merek Pada Mie Instan. Management Studies and Entrepreneurship Journal. Vol. 3, No.3.

Ajzen, I. (1991). The Theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes,50(2),179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior (2nd ed.). New York: Open University Press.

Arinita F., Bambang I., dan N. Ari S., 2014. Pengaruh Brand image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Brand switching behavior (Studi Pada Konsumen Produk Lipstik Wardah Di Wilayah Perkotaan Jember). Artikel Ilmiyah Mahasiswa.

Abdullah, Muhammad, Hary Mulyadi, Wahid Akbar Basudani, dan Gani Wiharso. 2022. Strategi The Body Shop Indonesia Dalam Membentuk Loyalitas Konsumen. Jurnal Akrab Juara. Vol. 7, No. 2.

Bashori, Ahmad. 2018. Pengaruh Ketidakpuasan dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merck Smartphone Samsung Ke Merek Smartphone Lain di Wilayah Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 6, No. 1

Dwinanto, Rizki Rachmad dan I Gst. A. Kt. Gd. Suasana .2018. Kebutuhan Mencari Variasi Memoderasi Pengaruh Kepuasan Pelanggan Smarphone Samsung Terhadap Niat Berpindah Merek di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 11.

Echdar, Saban. 2017. Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bp Univeritas Diponegoro Semarang.

Ghozali, Imam dan H. Latan. 2015. Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Journal Bp Universitas Diponegoro Semarang.

Harjati, Lily dan Lusia Olivia Sabu G. 2014. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop. E-Journal WIDYA Ekonomika. Volume 1 Nomor 1.

Ibrahim, Setyo K. 2021. Pengaruh Brand Image, Variety Seeking, dan Kualitas Layanan Terhadap Customer Switching Behavior Dari Transportasi Konvensional Ke Transportasi Online di Kita Kendal. Skripsi Universitas Maritim AMNI Semarang.

Irawan, Andy dan Nurhayati Indiyastuti. 2010. Pengaruh Kualitas Fitur, Desain, Iklan, Kepuasan Konsumen Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keinginan Berpindah Merek Handphone (Survai Pada Pengguna Handphone Di Kota Purwokerto. Vol.11, No.1.

Indriani, Rossy dan Yusepaldo Pasharibu. 2020. Pengaruh Mencari Variasi, Ketidakpuasaan Konsumen, Harga Dan eWOM Terhadap Perpindahan Merek (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung Galaxy Series Yang Berpindah Ke Iphone). Jurnal Ekobis Dewantara. Vol.3, No.2.

Ikramayosi, Yuke Kurnia, Jemadi dan Bambang Sugeng Dwiyanto. 2022. Pengaruh Strategi Green Marketing, Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen The Body Shop. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol.1, No.4.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kusumawati, Dyah Puji. 2009. Pengaruh Cause Marketing (CRM) Terhadap Loyalitas Merek The Body Shop. Universitas Indonesia.

Karnowati, Nandang Bekti. 2020. Pengaruh Nilai, Pengalaman, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen dan Perilaku Mencari Variasi Terhadap Loyalitas Pelanggan dan Perpindahan Merek. (Studi Kasus Pada Pelanggan Beauty Care Di Kota Cilacap). Masters Thesis. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Liki, Zulfiani. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Kosmetik Inez (Survey pada pengunjung Counter produk kosmetik Inez di Balubur Town Square Bandung). S1 Thesis. Universitas Pasundan Bandung.

Marliani, Indah Putri dan Apriatni Endang Prihatini. 2018. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk The Body Shop (Studi Kasus Pada Pelanggan The Body Shop Area Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 7, No. 3.

Maymunah, Nila. 2019. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Perpindahan Merek (Studi Kasus: Konsumen Wardah Kosmetik Ada Swalayan Kudus). Skripsi Univeristas Muria Kudus.

Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta.

Nasution, Yulia Puspita Anggraini. 2020. Pengaruh Harga, Promosi Penjualan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Perilaku Peralihan Merek (Brand Switching Behavior) Produk Kosmetik (Studi Kasus Pada Marketplace Shopee). Skripsi Universitas Siliwangi.

Nariza, Rinta. 2022. 7 Bahan Dasar Kosmetik Alami Dan Khasiatnya Untuk Kulit. Diakses pada September 2022. https://www.moiamor.com/blog/kosmetik/bahan-dasar-kosmetik-alami/

Susanti, Ni Putu Hani dan I Made Wardana. 2014. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Produk Kosmetik Hijau Merek The Body Shop. Universitas Udayana.

Top Brand Award. 2021. Top brand index.

Tamamah. 2019. Hubungan Kepuasan & Kepercayaan Konsumen Terhadap Brand Switching Pada Kosmetik Berlabel Halal. Skripsi Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya.

Thaniedsa, Salsabila. 2022. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Brand Switching dengan Variety Seeking Sebagai Moderasi: (Studi Kasus Brand Switching Pengguna Smartphone Samsung Ke Smartphone Lain Di DKI Jakarta. Skripsi Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ulfiana. 2021. Pengaruh Keputusan Pindah Merek Dari Roti Lain Ditinjau Dari Kebutuhan Mencari Variasi, Tingkat Harga Dan Ketidakpuasaan Pada Toko Roti 88 Di Lumajang. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang.

Zahari, Atika dan Susi Evanita. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perilaku Perlihan Merek (Brand Switching) Produk Kosmetik Sariayu Di Kota Padang. Jurnal Ecogen. Vol.1, No. 4

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Selsa Mustika Putri, N., Rinuastuti, B. H. ., & Herman Mulyono, L. E. . (2023). Pengaruh Kebutuhan Mencari Variasi Dan Brand Image Terhadap Brand Switching Behavior Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pelanggan The Body Shop Di Indonesia). JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 9(1), 74–81. https://doi.org/10.29303/jseh.v9i1.221