Analisis Keputusan Penggunaan Shopeepay Mahasiswa Manajemen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Authors

  • Agnes Lusiana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Dhani Ichsanuddin Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.29303/jseh.v8i3.93

Keywords:

Financial Literacy, Service Quality, Perception Ease of Use, Shopeepay, Financial Behaviour

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari literasi keuangan, kualitas layanan, persepsi kemudahan penggunaan terhadap keputusan penggunaan Shopeepay. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil sampel dari mahasiswa Manajemen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur menggunakan teknik purposive sampling dengan ukuran sampel yang diambil 100 responden. Variabel penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu Literasi Keuangan, Kualitas Layanan, Persepsi Kemudahan, dan variabel dependen yaitu Keputusan Penggunaan Shopeepay. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis PLS (Partial Least Square) dengan software SmartPLS. Hasil dari analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan keputusan penggunaan Shopeepay mahasiswa, variabel kualitas layanan juga dapat dikatakan memberikan kontribusi yang nyata dalam meningkatkan keputusan penggunaan Shopeepay mahasiswa. Selaras dengan variabel persepsi kemudahan penggunaan dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam meningkatkan keputusan penggunaan Shopeepay mahasiswa

References

Ajzen, Icek. “The theory of planned behavior.” Elsevier, vol. 50, no. 2, 1991, pp. 179-211.

A Syukron. “Sistem Informasi Manajemen Administrasi Keuangan Panti Asuhan Berbasis Website.” Jurnal Responsif: Riset Sains & Informatika, vol. 2, no. 2, 2020, pp. 150-157.

Aulia Puspa Giriani (2018) Pengaruh Literasi Keuangan, Fitur Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan E-Money. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi Vol. 6 No.2.

Bangkara, R. P. (2016). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use pada Minat Penggunaan Internet Banking dengan Attitude Toward Using Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.16 No.3.

Davis, B.G. “Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen.” Collaborative Learning: Group Work and Study Teams, 1993.

Fandy, Tjiptono. “Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian).” 2014.

Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hilgert, M. A, et al. “Household financial management.” The connection between knowledge and behavior, no. 89, 2003, p. 309.

Jogiyanto. “Sistem Informasi Keperilakuan.” 2007.

Isfentia Sadalia, and Novi Andrani Butar Butar (2016). Perilaku Keuangan : Teori dan Implementasi. Medan, Pustaka Bangsa Press Medan.

S.S.P. (2009). Bank Indonesia (BI). https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/ssp/uang-elektroniktransaksi.aspx

G, Lintner. “Why Investors Make Bad Decisions.” Scientific Research Yanni-Bilkey Investment Consulting., vol. 7, 1998.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. 2007. Baby Boomer retirement security: The roles of planning, financial literacy, and housing wealth. Journal of Monetary Economics, 54, 205-224.

Muhadjir Anwar & Dhani Ichsanuddin Nur (2020), The Role of Financial Behavior in Improving Investment Decision: Empirical Evidence of The Student of Economics and Business Faculty UPN “Veteran” Jawa Timur. Vol, 3, No. 1,pp. 21-28, 2020.

Marisa Eka Safira, and Susanti. Pengaruh Literasi Keuangan, Promosi Uang Elektronik, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik, vol. 4, no. 2, 2020.

Mandell, L, and Klein, L. S. “The impact of financial literacy education on subsequent financial behavior.” Journal of Financial Counseling and Planning, vol. 20, no. 1, 2009, pp. 15-24.

Ndubisi, Nelson Oly. “Relationship marketing and customer loyalty.” Marketing Intelligence & Planning, vol. 25, no. 1, 2003.

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan/atau Masyarakat. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan

The Analysis of Intention to Use of Financial Technology (The Case of e-money) (2020). Journal of Accounting and Strategic Finance Vol.3 No.1.

Thaler, Richard. “Mental Accounting and Consumer Choice.” Marketing ScienceInform, vol. 4, no. 3, 1985. http://www.jstor.org/stable/183904.

Yuniningsih (2020) Perilaku Keuangan dalam Berinvestasi. 1 ed., Sidoarjo, Indomedia Pustaka.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Lusiana, A., & Ichsanuddin, D. (2022). Analisis Keputusan Penggunaan Shopeepay Mahasiswa Manajemen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 8(3), 391–397. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i3.93