Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Aplikasi Gofood (Studi Kasus pada Mahasiswa PIPS FKIP Universitas Riau)
DOI:
https://doi.org/10.29303/jseh.v11i1.757Keywords:
promotion, , price, repeat purchase interestAbstract
This study aims to analyze the influence of promotions and prices on repeat purchase intention of consumers on the Gofood application. The study population consists of active undergraduate students from the 2021-2023 cohort of the Social Studies Education Department at the Faculty of Teacher Training and Education, University of Riau, who have made at least three purchases on the Gofood application, with a sample of 59 students. The sample was selected using proportional random sampling and the Slovin formula. Data were collected through questionnaires and analyzed using descriptive analysis and multiple linear regression. The results show that promotions on the Gofood application are categorized as excellent, prices are affordable, and the repeat purchase intention of consumers is high. Both promotion and price have a simultaneous effect on repeat purchase intention. Individually, promotion has a positive and significant effect, as does price. The contribution of promotion and price to repeat purchase intention is 40.5%, while the remaining 59.5% is influenced by other variables not included in the regression, such as product ratings, app usability, service quality, website quality, brand image, and product quality.
References
Agustina, L. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan dan Harga terhadap Minat Beli Ulang pada E- commerce. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Universitas Riau.
Alfareza, K., Indrawati, H., & Trisnawati, F. (2023). Strategi Pemasaran UMKM Keripik Tempe di Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Oikos : Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 7(2), 629–644.
Arrianda, A., Indrawati, H., & Yogi, M, Isjoni. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian di Beta Coffe Pekanbaru. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 488–498.
Aulia, F., Indrawati, H., & Syabrus, H. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Sampurna di Kabupaten Kampar. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 23(2), 291–302.
Baswedan, F. F., & Satrio, B. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Toko Parfum Mekar Wangi). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(8), 1–17.
Bunda, W. P., Indrawati, H., & Yogi, M, Isjoni. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital terhadap Volume Penjualan Usaha Bidang Kuliner. JIIP( Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(12), 13508–13513.
Fikri, I. (2020). Pengaruh Harga, Promosi dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen menggunakan Jasa Go-Food pada Aplikasi Go-Jek (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 1–108.
Indrawati, H., Caska., Setiaries, V, Johan., Gimin. (2023). Pemberdayaan UKM Jamur Sawit Krispi Melalui Inovasi Pengemasan Produk dan Pemasaran Online. Unri Conference Series: Community Engagement, 5, 1–9.
Jasmine, K. (2022). Pengaruh Promosi, Rating Produk dan Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan GoFood. Skripsi. Universitas Islam Malang.
Juli, N., Adawiyah, R., Renwarin, J. M. J., & Winarso, W. (2024). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Ayam Penyet Nasi Tutug Oncom Setu Melalui Aplikasi Gofood. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif, 2(3).344-363.
Listyowati, K. R., Manajemen, P. E., Ekonomi, F., & Surakarta, U. M. (2024). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Minat Beli Ulang di Shopee yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 56–71.
Marcella, N., Indrawati, H., & Syabrus, H. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Bolu Kemojo. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(12), 13463–13471.
Mudfarikah, R., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen, 13(4), 654–661.
Ni, H., Ulya, M., Indriani, F., Trisna Nurhayati, I., & Dwi Rahayu, L. (2023). Penerapan Digital Marketing Dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Produk UMKM Masyarakat Bekare. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 60–65.
Nurkhasanah, S., & Mahmud. (2022). Pengaruh Persepsian Harga dan Promosi terhadap Minat Beli Ulang Online Dimediasi oleh Kepuasaan Konsumen (Studi Pada Shopeefood). Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis, 1(2), 1–16.
Pahlevi, R. (2022). Survei: Nilai Transaksi GoFood Layanan Antar Makanan di Indonesia Gofood lebih besar dari ShopeeFood dan GrabFood. https://databoks.katadata.co.id/teknologitelekomunikasi/statistik/3c9c24918957c03/survei-nilai-transaksi-gofood-lebih-besar-dari-shopeefood-dan-grabfood. Akses pada tanggal 25 April 2024.
Putri, K, A., & Nurtaniono, A. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahaan Penggunaan Aplikasi terhadap Keputusan Pembelian Go-Food di Kota Solo. Journal UMPO.
Pramudya, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen GoFood. Jurnal Manajemen, 13, 15–24.
Rafildo, Indrawati, H., & Mujiono. (2025). Pengaruh Inovasi Produk dan E-commerce terhadap Daya Saing UMKM Konveksi di Kecamatan Tuah Madani. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Parawisata dan Pembelajaran Konseling, 3(1), 354–360.
Safitri, R., Indrawati, H., & Yogi, M, Isjoni. (2024). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang Mixue. Management Students and Entrepreneurship, 5(2), 6011–6023.
Saputra, A. B., Ningrum, N. R., & Basri, A. I. (2021). Equilibrium: Jurnal Ilmu Manajemen Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Desain dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Sepatu. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 32–38.
Syarifatul, M., N., R., & Abs, M. K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Keragaman Produk terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Online Shop Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UNISMA). E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 13–25.
Taufiqurrohman, M. F., Widarko, A., & Suharto, M. K. A. B. (2021). Pengaruh Promosi, Rating Produk dan Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Beli pada Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan Gofood. Jurnal Riset Manajemen, 1–13.
Tondang, B. W. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Sepatu Bata Mtc Giant Pekanbaru. Jom Fisip, 6, 1–13.
Triyoko. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Minat Beli Klonsumen Kedai Yoko. Jurnal Daya Saing, 8(157).
Wahyuni, Dini., Caska., Indrawati, H. (2019). Analysis of Education levels of Business Owners and Factors Affecting Business Succes in Sago-Based UMKM in Kepulauan Meranti Regency. Journal of Educational Sciences, 1(2), 157–175.
Wijiastuti, R. D., & Cantika, N. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Gofood Di Kota Sorong. Kalianda Halok Gagas, 1(1), 1–8.
Yashilva, W. (2024). Seberapa Sering Mahasiswa di Indonesia Order Makanan Online. GoodStats. https://goodstats.id/article/seberapa-sering-mahasiswa-di-indonesia-order-makanan-online-uJQ6W. Akses pada tanggal 24 Juni 2024.
Zahra, F., Indrawati, H., & Rizka, M. (2024). Pengaruh Kualitas Website terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Shopee. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(12), 13497–13502.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Astrid Eleora Gultom, Henny Indrawati, Mujiono Mujiono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.