Pengaruh Influencer Marketing, Motivasi Diri, Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Saham (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Mataram)

Authors

  • Baiq Irma Uriwatin Maulida Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Lukman Effendy Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jseh.v10i2.516

Keywords:

tock Investment Decision Making, Influencer Marketing, Self-Motivation, Investment Knowledge

Abstract

This research was conducted to analyze deeply how influencer collaboration influences stock investment decision-making among students, as seen through increased self-motivation and investment knowledge. The method used in this study is quantitative with descriptive statistics and partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) analysis using SmartPLS 4. Data collection was carried out using a questionnaire technique. The sample of this study consisted of 150 students from the Faculty of Economics and Business, University of Mataram. The research findings indicate that influencer marketing, self-motivation, and investment knowledge have a significant positive influence on stock investment decision-making. These findings provide insights for university stakeholders to enhance motivation and investment knowledge among students and optimize the use of influencer marketing

References

Adi Upadana, I Wayan Yasa, Herawat, Nyoman Trisna. (2020). Pengaruh LiterasiKeuangan dan Perilaku Keuangan terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, Volume 10 Nomor 2, 127-130.

Agustin, Isnaini Nuzula, Lysion, Fiona. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Investasi Saham pada Investor Generasi Milenial di Kota Batam dengan Locus of Control sebagai VariabelModerasi. COMBINES, Volume 1, 1-6.

Ajzen. (1991). The Theory of Planned Behavior. Economic.

Amalia Nuril Hidayati. (2017). Investasi: Analisis dan Relevasinya dengan Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Islam, Volume 8 Nomor 2, 56-61.

Aminatuz Zahroh. (2015). Instrumen Pasar Modal. Instrumen Pasal Modal, Volume 5 Nomor 1(52-61).

Anastasya Fauzianti, Retnosari. (2022, Maret 01). Pengaruh Modal Awal Investasi, Pengetahuan Investasi, Sosial Media Influencer terhadap Minat Investasi Mahasiswa Akuntansi Universitas Tidar. Jurnal Sinar Manajemen, Volume09, 33-34.

Andi Kusuma Negara, Hendra Galuh Febrianto. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi dan Pengetahuan Investasi terhadap Minat Investasi Generasi Milenial di Pasar Modal. Business Management Journal, Volume16 Nomor 2, 91-93.

Andra Rofian Saputra. (2018). Pengaruh Kompensasi dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan di Mediasi Motivasi Kerja (Studi Kasus Di Hotel Merah Group Magetan, Jawa Timur, Indonesia). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Yogyakarta.

Anggini Asmara Dewati, Marfuah. (2021). Determinan Minat Mahasiswa Berinvestasi. Universitas Mataram, Volume 4, 47-52.

Ani Hayatul Masruroh, Iwan Setya Putra. (2021). Analisis Pengambilan KeputusanInvestasi Saham Melalui Pembentukan Portofolio Optimal pada Indeks Kompas 100. Jurnal PETA, 107.

Ari Wibowo, Purwohandoko. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Milenial Investasi, dan Pelatihan Pasar Modal terhadap Minat Investasi (Studi kasus mahasiswa FE Unesa yang terdaftar di Galeri investasi FE Unesa). Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 7 Nomor 1, 194-199.

Arti Sukma Lengkawati, Taris Qistan Saputra. (2021). Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada elzatta hijab garut). Jurnal Stieyasaanggana, Volume 18 Nomor 1, 35-37.

Astuti, Y., Muharrami, R. S., & Haris, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Investor Dalam Bertransaksi Saham.(Studi Kasus Pada Investor Galeri Investasi Syariah Febi Uin Surakarta). Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(4), 2111-2122.

Atika, S., & Nilwan, A. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal EMA, 7(1), 43-54.

Audry Leiwakabessy, Meidylisa Patty, Baretha M Titioka. (2021). Faktor Psikologis Investor Millenial dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham (Studi Empiris Pada Investor Millenial di Kota Ambon). Politeknik Negeri Ambon Indonesia, Volume 1, 3-4.

Bodie, Kane, Marcus. (2016). Manajemen Portofolio dan Investasi. Jakarta: EmpatBuku.

Chin. (1998, January). The Partial Least Square Approach to Structural Equation Modeling. (G. A. Marcoulides, Ed.) ReasearchGate, 295-338.

Dahniar Ajiyoko Fauzi. (2020). Faktor Penentu Pengambilan Keputusan Investasi Saham (Studi Kasus pada Mahasiswa di Yogyakarta). Yogyakarta: FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA.

Marfuah, M., & Dewati, A. A. (2021). Determinan Minat Mahasiswa Berinvestasi Pada Pasar Modal. Akurasi: Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 45-60.

Pasaribu, S. M., & Effendi, S. (2023). Pengaruh Motivasi, Risiko Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Batam. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 344-351.

Psychological Review. Adi Susilo Jahja. (2017, Agustus 30). Variabel Moderator dan Mediator. E- Journal,13.

Rahman, R. E. S. A., & Subroto, W. T. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 6(1), 41-54.

Trisnaningsih, T., Sihabudin, S., & Fauji, R. (2022). Pengaruh Influencer Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), 82-89.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Maulida, B. I. U. ., & Effendy, L. (2024). Pengaruh Influencer Marketing, Motivasi Diri, Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Saham (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Mataram). JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 10(2), 317–327. https://doi.org/10.29303/jseh.v10i2.516