Pengembangan Model Pembelajaran Di Paud Menggunakan Permainan Tradisional

Authors

  • Nurhasanah Nurhasanah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Ika Rachmayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • A. Muazar Habibi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Keywords:

Model Pembelajaran, Permainan tradisional

Abstract

Adapun Tujuan Umum penelitian ini adalah menghasilkan Model Pembelajaran Inovatif di PAUD yang mengggunakan permainan Tradisional sebagai Model Pembelajaran di PAUD. Adapun secara khusus, tujuan penelitain ini adalah untuk memetakan hal-hal sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui teknik atau cara pengembangan model pembelajaran di PAUD menggunakan permainan tradisional? 2. Untuk mengetahui prosedur dan komponen pengembangan model pembelajaran di PAUD menggunakan permainan tradisional? 3.Hasil pengembangan model pembelajaran di PAUD menggunakan permainan tradisional sebagai acuan dalam menyusun pedoman penyusunan pembelajaran di PAUD sudah sesuai dengan tingkat capaian perkembangan anak?. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, khususnya pengembangan model pembelajaran. Hasil yang diperoleh adalah pertama teknik yang digunakan dalam melakukan pengembangan model mengikuti langkah-langkah model pengembangan menurut bagan alur penelitian yang telah direncanakan. Selanjutnya komponen pengembangan model meliputi : 1. Mengidentifikasi permainan tradisional yang akan digunakan, 2. Merumuskan aturan permainan dan hal hal yang diperlukan dalam pelaksanaan model pembelajaran menggunakan permainan tradisional. 3. Melakukan pelaksanaan permainan sebagai uji coba pertama sampai ketiga. 4. Melakukan analisis hasil ujicoba dan 5. Menetapkan langkah langkah pembelajaran sebagai hasil dari model pembelajaran di PAUD menggunakan permainan tradisional. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian maka hasil analisis kualitatif disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran di PAUD menggunakan permainan tradisional dapat mengembangkan hampir semua aspek perkembangan melalui permainan tradisional dengklek, namun tidak semua indikator pada aspek perkembangan dapat dikembangkan. Implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran di PAUD. Tindak lanjut penelitian ini adalah penelitian ini dapat dilanjutkan untuk melihat dampak permainan tradisional, khususnya permainan dengklek apabila menjadi model pembelajaran bagi anak anak berkebutuhan khusus.

References

Dedi Supardi, 2003, Makna dan Implikasi Undang-Undang Sisdiknas, Buletin PADU, Agustus, Jakarta.

Fasli Jalal, 2003, Kebijakan MakroPendidikan Anak Usia Dini di Indonesia, Buletin PADU, Edisi Khusus, Jakarta

Harun Rasyid, 2009, Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini, Multi Presindo, Jogjakarta.

http://ainamulyana.blogspot.com/2016/04/penelitian-pengembangan-research-and.html

Kemendikbud, 2014, Peraturan Pemerintah no.49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan tinggi, Dekdikbud, Jakarta.

Kostelnik, Marjorie J, dkk, 2007, Developmentally Appropriate Curriculum Best Practices in Early Childhood Education, Pearson Education, United State.

Nurhasanah, dkk; 2017, Peningkatan Kemampuan Penyusunan SOP Program Pembelajaran Untuk Optimalisasi Perkembangan Anak Melalui Permainan Tradisional. Laporan Penelitian, Mataram, Universitas Mataram.

Nyoman Suarta, dkk; 2006, Sistem penyelenggaraan dan Pembinaan Pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini pada Jalur Formal dan Non-formal di Provinsi NTB, Laporan penelitian, Mataram, Universitas Mataram.

Herr, Judy dkk, 2004, Creative Resources for The Early Chidhood Classroom 4th Edition, Thomson Delmar Learning, United State of America.

Published

2018-12-26

How to Cite

Nurhasanah, N., Rachmayani, I., & Habibi, A. M. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Di Paud Menggunakan Permainan Tradisional. JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 4(2), 90–97. Retrieved from https://jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/334