Hubungan Sertifikasi Guru Terhadap Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Paud di Kota Mataram

Authors

  • Baik Nilawati Astini Universitas Mataram
  • Ni Made Sulastri Universitas Mataram

Keywords:

Sertifikasi, Pengelolaan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sertifikasi guru terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran. Penelitian dilakukan pada guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sudah bersertifikasi di kota Mataram, dimana keseluruhan responden dalam penelitian ini adalah guru guru yang telah lulus sertifikasi. Melalui sertifikasi yang telah didapatkan, diharapkan mampu memberikan pengaruh terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran yang semakin baik sehingga menghasilkan tenaga pendidik yang profesional. Sertifikasi guru sebagai upaya peningkatan mutu guru diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan. Melalui program sertifikasi para guru diharapkan lebih termotivasi untuk meningkatkan profesionalismenya dalam bekerja serta meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran. Tipe penelitian ini adalah penelitian semi korelasional, dengan pendekatan kuntitatif, dan yang menjadi objek penelitian adalah Paud di kota Mataram yang memiliki guru bersertifikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini lebih bsar dari r table. Hasil perhitungan yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis nihil yang diajukan ditolak dan hipotesis alternative diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara sertifikasi guru dengan kualitas pengelolaan pembelajaran di Paud kota Mataram.

References

Arikunto, Suharsimi.2012.Pengelolaan Kelas dan Siswa. CV Rajawali. Jakarta.

Basrah, Hendryadi. 2014. Metode Pengumpulan Data. Http://teorionline.wordpress.com. Diunduh tanggal 27 Februari 2014.

Burhanuddin, Afid. 2013. Pengumpulan Data dan InstrumenPenelitian.Http://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/05/21/pengumpulan-data daninstrument- penelitian. Diunduh tanggal 15 Januari 2014.

Fahmi, Teuku. 2014. Perbedaan Tingkat Perceived Risk, Fear Of Crime dan Mekanisme Coping pada Masyarakat Yang Beraktivitas di Wilayah Rawan Tindak Kejahatan. Lampung:Universitas Lampung.

Fauzi, Ahmad. 2012.Manajemen Pembelajaran. Deepublish:Yogyakarta.

Gunawan, Ary H. 2010. Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Haryanto, Zeni dan Abdul Aziz. 2009. Sertifikasi Profesi Keguruan. Jakarta: Poliyama Widyapustaka.

Kemdikbud. 2013. Panduan Penetapan Peserta Program Sertifikasi Tahun 2013. Hhtp://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/pdf. Diunduh tanggal 15 Januari 2014.

Mariyana, Rita, DKK. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Kencana Prenada Media Group:Jakarta.

Mulyasa.2012.Manajemen Paud.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardin. Pengertian Pendidikan Menurut Undang-undang. Http://file.upi.edu/pdf. Diunduh tanggal 15 Januari 2014.

Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi (Edisi Revisi).Jakarta:Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Suryati, Wawat. 2011. Profesi Kependidikan. Bandar Lampung:Lembaga Penerbit STKIP Bandar Lampung.

Sutikno, M. Sobry. 2005. Pembelajaran Efektif. NTP Press:Mataram.

Suwarto, Tok. 2014. Kompetensi Profesional Guru Pasca-sertifikasi Masih Lemah. Pikiran Rakyat. http://www.pikiran-rakyat.com/. Diunduh tanggal 7 Januari 2015.

Trianto. 2007. Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Prestasi Pustaka: Jakarta

Published

2018-12-26

How to Cite

Astini, B. N., & Sulastri, N. M. (2018). Hubungan Sertifikasi Guru Terhadap Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Paud di Kota Mataram. JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 4(2), 83–89. Retrieved from https://jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/333