Persepsi Dan Preferensi Wisatawan Muslim Terhadap Sarana dan Prasarana Wisata Halal Di Lombok (Studi Kasus Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika)

Authors

  • Lalu Adi Permadi Manajemen FEB Universitas Mataram
  • Sri Darwini Manajemen FEB Universitas Mataram
  • Weni Retnowati Manajemen FEB Universitas Mataram
  • Sri Wahyulina Manajemen FEB Universitas Mataram

Keywords:

Persepsi, Preferensi, Wisatawan Muslim, Sarana dan prasarana wisata halal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi dan Preferensi Wisatawan Muslim Terhadap Sarana dan prasarana wisata Halal Di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Metode pembuktian terhadap tujuan penelitian tersebut menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif. Pengambilan data primer akan dilakukan dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian akan menunjukkan informan mempersepsikan terhadap sarana pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Persepsi wisatawan Muslim terhadap sarana dan prasarana wisata Halal di kawasan ekonomi khusus Mandalika secara umum baik. Kondisi Hotel atau akomodasi lainnya dan Tempat Ibadah yang ada di lokasi Wisata halal KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah sangat baik dibanding dengan kondisi dari fasilitas pendukung lainnya. Namun terdapat kekurangan fasilitas seperti tempat sampah dan toilet umum. Berdasarkan Preferensi wisatawan Muslim terhadap sarana wisata Halal di kawasan ekonomi khusus Mandalika : Toilet, Tempat Sampah dan Tempat Ibadah menjadi sarana paling penting yang diinginkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke KEK Mandalika, Ada beberapa fasilitas yang harus disesuaikan dengan kondisi wisatawan seperti musalla yang berjarak cukup jauh dengan lokasi wisata, harus ada tersedia musalla yang dekat dengan lokasi wisata. Fasilitas untuk wisatawan Muslim yang ada di KEK Mandalika masih perlu ditambah. Fasilitas yang perlu ditambah adalah tong sampah, toilet, tempat istirahat pengunjung dan musalla wisatawan.

References

Abdurahman, D. (2003). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta. Kurnia Kalam Semesta

Aminuddin. (1990). Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang : Yayasan Asih Asah Asuh Malang. (YA3 Malang).

Anonim, (2015). http://gayahidup.republika.co.id/ 29 Maret 2016

Anonim, (2015). www.disbudpar.ntbprov.go.id, 2015

Anonim, (2017). ITDC Optimistis KEK Mandalika Beri Multiplier Effect Sabtu 21 October 2017 16:11 WIB http://republika.co.id/berita/gaya-hidup/pesona-indonesia/17/10/21/oy5z08423-itdc-optimistis-kek-Mandalika-beri-multiplier-effect

Bogdan, R. C. and Taylor. S. J. (1992). Introduction to Qualitative Research Methods: A Phenomenological Approach in the Social Sciences, alih bahasa Arief Furchan, John Wiley and Sons. Surabaya : Usaha Nasional.

Bungin. B., (2003). Analisa Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. 4th ed. SAGE Publications, Inc.

Dwiputra, R. (2013). Preferensi Wisatawan Terhadap Sarana Wisata di Kawasan Wisata Alam Erupsi Merapi, Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 24 No. 1, April 2013, hlm.35 - 48

Kasali, R. (2007). Manajemen Periklanan, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Kemenpar (2015). Kajian Pengembangan Wisata Syariah, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, Kementerian Pariwisata RI, http://www.kemenpar.go.id/userfiles/2015%20Kajian%20Pengembangan%20Wisata%20Syariah.pdf

Kotler, P. dan Amstrong G., (2015). Principles of Marketing, Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu dan dua. Erlangga : Jakarta

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis. London : Sage Publishers.

Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Patton, M. Q. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Pitana, I Gde dan Gayatri, Putu G. (2005). Sosiologi Pariwisata, Penerbit Andi Publisher

Poerwandari, E. K. (2005). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia (edisi.Ketiga). Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Ruslan, R. (2004). Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarata : PT. Raja. Grafindo Persada. Selasa 13 Mar 2018 05:01 WIB

Pembenahan destinasi pariwisata Mandalika terus diprioritaskan. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --

Yin, R. K, (2008), Studi Kasus (Desain Dan Metode), (Case Study Research Design and Methods”) diterjemahkan oleh Drs. M. Djauzi Mudzakir, MA, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta

Published

2018-12-26

How to Cite

Permadi, L. A., Darwini, S., Retnowati, W., & Wahyulina, S. (2018). Persepsi Dan Preferensi Wisatawan Muslim Terhadap Sarana dan Prasarana Wisata Halal Di Lombok (Studi Kasus Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika). JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 4(2), 57–70. Retrieved from https://jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/331