PENGARUH FAKTOR BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LO’I ME’E MBOJO DI KOTA BIMA

Authors

  • Ismunandar Ismunandar Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Yuyun Ayu Lestari Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

Keywords:

Faktor Budaya, Keputusan, Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Faktor Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Lo’i Me’e Mbojo Di Kota Bima”. Sampel penelitian diambil dari pengguna Lo’i Me’e Mbojo di Kota Bima dengan metode Accidental Sampling. Diperoleh 100 responden sebagai sampel, yang diobservasi selama 2 bulan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji koefisien korelasi, uji determinasi dan uji t dengan bantuan SPSS IBM 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor Budaya berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Lo’i Me’e Mbojo di Kota Bima.

References

Achmad, Andi F. (2012) “Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Semen Gresik di Semarang”. Skripsi. Semarang: FEB Universitas Diponegoro.

Andy Faisal Achmad, 2012. Analisis Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologi terhadap Keputusan Pembelian Semen Gresik di Semarang

Anoraga, P. 2007. Pengantar Bisnis. Pengendalian Bisnis dalam era Globalisasi.Jakarta .

Darwati. 2013. Cantik Dengan Lulur Herbal. Cetakan Pertama. Surabaya: Tibbun Media

Ery, 2012.Sejarahlulurtradisionalbali.Sejarah–lulur-tradisional-bali.http://www.erykartini.sejarahlulurtradisonal/.com. (Diaksestanggal 9Desember 2018).

Elly M.Setiadi, 2007. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, (Cet.II; Jakarta), h.27

Deddy Mulyana, 2005. Komunikasi Efektif: Suatu Pendekatan Lintas Budaya (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Gumpita, A. 2013. Manfaat Lulur Bagi Tubuh. www.agkwowantips.com

Ghoni, Abdul dan Tri Bodroastuti, 2012. Pengaruh faktor buadaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap perilaku konsumen (studi pada pembelian Rumah di perumahan di Griya Utama Banjardowo Semarang). Skripsi dipublikasikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala, Semarang.

Hidayati, Dwi. 2011 Analisis Kepuasan Pelanggan Di Hitel Surya Yudha Banjarnegara Fakultas D3 Kepariwisatawan Yogyakarta

Kolter dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Nisa, Fikri Safiratun, 2017. Pengaruh Lulur Kayu Manis dan tepung Jagung Terhadap Tingkat Kelembaban Kulit. Skripsi Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Nugroho J. Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Prenada Media, Bandung

Soekanto, Basuki. (2009). Antropologi Budaya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Santoso, Salmet, 2013. Statistik Ekonomi plus Aplikasi SPSS. Ponorogo: Umpo Press.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung

________, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D; penerbitan CV Alfabeta, Bandung

________, 2012. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung

Tambunan, 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto (Studi Kasus pada konsumen Bandeng Presto di Semarang)

Wirawan (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat

Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga Edisi Kedelapan. Jakarta : Penerbit Erlangga

Trendyari, Mahendra Yasa. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi Masuk Ke Kota Denpasar

Downloads

Published

2019-12-24

How to Cite

Ismunandar, I., & Ayu Lestari, Y. . (2019). PENGARUH FAKTOR BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LO’I ME’E MBOJO DI KOTA BIMA. JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 5(2), 101–111. Retrieved from https://jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/273