Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO

Authors

  • Atriani Atriani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Lalu Adi Permadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Baiq Handayani Rinuastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram

Keywords:

perception of benefits, ease of use, interest in using

Abstract

This study aims to determine the effect of the effect of perceived benefits and ease of use on the interest in using an OVO digital wallet. This type of research is associative research using survey sample data collection methods and nonprobability sampling techniques. The number of samples used in this study were 100 respondents. Data analysis method used is multiple linear regression analysis and goodness of fit test (t test, f test and  ). The results showed the variable Perception of Benefits and Ease of Use had a positive and significant effect on Interest in Using OVO Digital Wallets. This is evidenced by the positive relationship between the variables of Perception of Benefits and Ease of Use which are factors driving interest. In addition to the benefits and ease of display on the features are also very influential because by beautifying or beautifying the appearance of features consumers will feel happy when making payment transactions using an OVO digital wallet. In addition to displaying the company's features, it must also be more aggressive in providing various kinds of promos, discounts and free vouchers that can attract consumers to use the OVO digital wallet application.

References

Abu.A dan Widodo. S. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anwar, Sanusi. 2011.Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta

Drs.Sofar Silaen dan Widiono. 2013,Metodelogi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, In Media.

Fadila, D. dan Sari, L.Z. 2013.Perilaku Konsumen. Citra bools Indonesia. Palembang.

Ferdinand, Agusty. 2006. Metode penelitian manajemen. Semarang: Badan. Penerbit Universitas Diponegoro. 129

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali,Imam.2007.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS.Semarang:Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).Cetakan ke VIII.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartono, J. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis: Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hartono, J. 2007.Sistem Informasi Keperilakuan. Penerbit Andi.

Iskandar, H. 2010. Tumbuhkan Minat Kembangkan Bakat. Jakarta: ST book.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kotler, P. &Armstrong, 2010.Priciples of Marketing.Edisi 9 Prentive Hall Inc. New Jersey

Kotler, P. & Keller, K.L. 2009.Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Malhotra, N. K. 2009. Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan, Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: PT. Indeks.

Nazir, M.1988.Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prasetijo& Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen, Edisi Ke-satu, Yogyakarta, Penerbit: Andi Offest.

Silaen, Sofar, dan Widiyono. 2013. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis.: Jakarta In Media.

Sugiyono.2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2005.Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung:CV.Alfabeta.

Sugiyono.2007.Metode Penelitian Kuantitatif,kualtatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methode). Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa.Yogyakarta : Ekonisia

Zikmund, W.G. 2010. Business Research Method, South Western. Cengage Learning.

Jurnal

Adam, D. A., Nelson, R.R,.danTodd, P.A. 1992.Perceived Usefulness, Ease of Use and Usage of Information Technology: A Replication. MIS Quarterly, 16/2: 227-250.

Alifatul, L.R Dan Dwi, H.P,2018. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunaan E-Money Pada Bank Bri Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, Volume III No. 2.

Andhika, B.P,&Suputra, D, 2019. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.27 No.2.: 927 – 953.

Aulia, N. dan Suryanawa, I.K. 2019.Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Kemudahan Penggunaan Pada Minat Penggunaan Quick Response Code Dalam Transaksi Keuangan.EJurnal Akuntansi, Vol 28 No 3.Hlmn.1749-1766.

Bangkara, R. P. dan Mimba N. P. 2016. Pengaruh Perceived usefulness dan Perceived Ease Of Use Pada Minat Penggunaan Internet Banking Dengan Attitude Toward Using Sebagai Variable Intervening. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.16.3.

Candraditya, H., & Idris.(2013). Analisis Penggunaan Uang Elektronik.Diponegoro Journal of Management, 2(3), 1-11.

Chin, W. and Todd, P. 1995. One The Use, Usefulness, and Ease Of Use of Structural Equation Modeling in MIS Research: A Note of Caution. Journal Of Manajement Information System Quarterly. Vol 9 No.5.

Davis, F.D. 1986. A Technology Acceptance Model For Empirically Testing New-End User Information Systems: Theory And Result. Unpublished Ph.D. Dissertation, Sloan: Sloan School of Management, Massachusetss Institur of Technology (MIT).

Davis, F. D., 1989, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology,MIS Quarterly, 13/3: 319-339.

Igbaria, M. dan Tan, M. 1997. The consequences of Information Technology Acceptance on Subsequent Individual Performance.Journal of Information and Management.

Igbaria, M., Anandarajan, M., dan Anakwe, U., 2000.Technology acceptance in the banking industry: A perspective from a less developed country, Information Technology and People. MCB University Press, hlm. 298-3 12.

Isgiyarta, J. 2015. Analisis Pengaruh Persepsi Nasabah Bank Terhadap Internet Banking Adoption (Studi pada Nasabah Perbankan yang Menggunakan Internet Banking di Kota Surakarta). Diponegoro Journal Of AccountingVol 4 No.4. Hal.3.

Lee and Wan. 2010. Customer Perceptions of E-Service Quality in Online Shopping. International Journal of Retail and Distribution Management, 33(2), 2010.

Maharsi dan Mulyadi 2007.“Faktor factor yang mempengaruhi minat Nasabah menggunakan internet banking dengan kerangka Technology Acceptance Model (TAM)”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan (online), Vol. 9, No. 1, Mei 2007, hal 18-28.

Monica, Nina dan Annafi Indra Tama. (2017). “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Norma Subjektif dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce”. Jurnal Riset Akuntansi dan Komputerisasi. Vol. 8, No.1.

Pratiwi, Mirna Tria; Farida Indriani; dan J. Sugiorto. (2017). “Analisis Pengaruh Technology Readiness Terhadap Minat Manggunkaan Tcash Di Kota Semarang”. Jurnal Bisnis Strategi. Vol.26, No.1.

Putri, S.T., Garnasih, L., Ibrahim, R. 2014. Pengaruh Sosio Demografi dan Kemampuan terhadap Minat Berwirausaha.Jom FEKON Journal, Riau.

Rahmad, A. D., Astutie. S., dan Riyadi.2017. Pengaruh Kemudahan Terhadap Kepercayaan dan Penggunaan Sms Banking.Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.43. No.1.

Saputro, B. D., & Sukirno. 2013. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Kecemasan Berkomputer dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking. Jurnal Nominal Vol. 2 No.1, 36-63.

Setyo, F.W. 2015 Dede - Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) | Vol.6, No.1.

Sinaga, E. 2019.Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Persepsi Kredibilitas, Sikap, Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Payment Linkaja Di Kota Semarang. Semarang: (Universitas Diponegoro).

Surendran, P. 2012. Technology Acceptance Model: A Survey of Literature. International Journal of Business and Social Research (IJBSR), Volume ‐2, No.‐4, August 2012.

Szajna, B. 1996. “Empirical Evaluation of the Revised Technology Acceptance Model,” Management Science (42:1), pp, 85-92.

Tjini.dan Baridwan. 2012. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking.

Thompson, R., Christopher.A.H, and Jane.M.H. (1991). Personal Computing: Toward a conceptual Model of Utilization. Management Information System Quarterly.

Venkatesh, V., dan F. D. Davis, 1996.“A Model of the Perceived Ease of Use Development and Test”, Decision Sciences, 27/3: 451-481.

Venkatesh, V., dan Michael G. Moris, 2000. “Why Don’t Men Ever Stop to Ask for Directions? Gender, Social Influence, and Their Role in Technology Acceptance and Usage Behavior”, MIS Quarterly, 24/1.

Wibowo, Rosmauli dan Suhud, 2015. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarta), Jurnal, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur.

Wiedya R.R. 2018.Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Dan Inovasi Teknologi Terhadap Aplikasi Go Pay Dari Pt. Gojek Indonesia.Yogyakarta: (Universitas Islam Indonesia).

Yoon C. Cho. 2012. Exploring Factors That Affect Usefulness, Ease Of Use, Trust, And Purchase Intention In The Online Environment.

Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Adhinagari, A. H. 2018. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Persepsi Resiko Terhadap Persepsi Penggunaan E-money. Skripsi. Yogyakarta:Universitas Islam Indonesia.

Almuntaha, Eska. 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengadopsian Teknologi Internet Bankingn Oleh Nasabah Di Indonesia. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Andryanto, Reza. 2016. “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Pengguna Terhadap Minat Beli di Toko Online (Studi empiris yan dilakukan pada OLX.CO.ID di Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Mandariza, A. 2019.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen Pada Penggunaan Electronik Payment (Server Based). (Tesis Sarjana yang tidak dipublikasikan, Univ. Mataram).

Nurits, N.K. 2019.Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Uang Elektronik Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Ovo. Jakarta: (Universitas Islam Negeri Syarif Hidatullah).

Nurmalasari, A. 2018.Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan T-Cash Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta: (Universitas Islam Indonesia).

Downloads

Published

2020-06-25

How to Cite

Atriani, A., Adi Permadi, L. ., & Handayani Rinuastuti , B. . (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 6(1), 54–61. Retrieved from https://jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/270