Social Accounting; Tendensi Kemaslahatan Publik dibalik Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan di Indonesia
Keywords:
BPJS kesehatan, government, people, service, social accountingAbstract
Kemaslahatan masyarakat terkait dengan pemenuhan hak-hak kesehatan kerap kali diabaikan dengan hadirnya berbagai kebijakan yang sejatinya tidak pro rakyat. Salah satunya adalah kenaikan tarif BPJS Kesehatan sebesar dua kali lipat yang secara tidak langsung akan memberikan dampak sosial bagi kehidupan masyarakat. Olehnya itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program BPJS Kesehatan dan tendensi dari kenaikan tarif BPJS tersebut terkait dengan kemaslahatan masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretif yang mengkaji suatu problematika atau isu-isu sosial secara rinci dan mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan studi literatur. Untuk menjamin keabsahan data penelitian digunakan metode triangulasi sumber data dan teori dalam analisis data penelitian, lalu kemudian menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan tarif BPJS memberikan dua dampak terhadap masyarakat sesuai dengan tinjauan akuntansi sosial, yakni cost and benefit. Kenaikan tarif BPJS Kesehatan akan menurunkan partisipasi masyarakat terkait dengan pembayaran iuran yang disebabkan oleh kurangnya manfaat sosial yang mereka terima dari adanya program BPJS Kesehatan. Akibatnya, masyarakat secara legitimasi akan cenderung untuk tidak percaya lagi kepada pemerintah karena kebijakan terkait kenaikan tarif BPJS Kesehatan dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Kajian mendalam perlu dilakukan oleh pemerintah terkait kebijakan ini agar tendensi positif terkait kemaslahatan masyarakat dalam bidang kesehatan dapat dipenuhi secara maksimal.
References
Abidin. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Jurnal MKMI, 12(2): 70-75.
Afiyanti, Y. 2008. Validitas dan Realibilitas dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(2): 137-141.
Alamri, A. M., A. A, Rumayar, dan F. K. Kolibu. 2015. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Perawat dan Tingkat Pendidikan dengan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumas Sakit Islam (RSI) Sitti Maryam Kota Manado. PHARMACON Jurnal Ilmiah Farmasi, 4(4): 241-251.
Amalia, T. H. 2018. Akuntansi Sosial dan Pengukuran Kinerja Sosial. Jurnal Akuntansi UNG, 1(1): 1-5.
Angriani, S. W. 2016. Kualitas Pelayanan Bagi Peserta BPJS Kesehatan dan Non BPJS Kesehatan. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 5(2): 79-84.
Arifin, B., Y. Januarsi, dan F. Ulfa. 2012. Perbedaan Kecenderungan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Manipulasi Akrual dan Manipulasi Real. SIMPOSIUM Nasional Akuntans XV Banjarmasin, 1-35.
Atmadja, A. T. 2013. Pergulatan Metodologi dan Penelitian Kualitatif dalam Ranah Ilmu Akuntansi. Jurnal Akuntansi Profesi, 3(2): 122-141.
Azmi, Zul., Abdillah Arif N. dan Wardayani. 2018. Memahami Penelitian Kualitatif dalam Akuntansi. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Aluntansi, 11(1): 159-168.
Basuki, E. W., Sulistyowati, dan N. R. Herawati. 2016. Implementasi Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Social and Political Of Science, 1(1): 1-11.
Bey, M. T. dan R. C. K. Dewi. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jombang. Jurnal Riset Manajemen dan Riset Dewantara, 1(1): 37-48.
BPJS Kesehatan. 2016. Sebuah Catatan 72 Tahun Kemerdekaan Indonesia : Kontribusi JKN-KIS Bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Siaran Pers untuk Segera Disebarluaskan.
Bungin, B. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif-Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta
Crowther, D. 2000. Social and Environmental Accounting. Financial Times Prince Hall: London, UK.
Dewi, Meutia. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(2): 535-544.
Gray, R. H., D. L. Owen, dan K. T. Maunders. 1987. Corporate Social Reporting: Accounting and Accountability. Hemel Hempstead Prentice Hall: London, UK.
Handy, I Putu D. K. dan Ni Luh Gde A. N. Yudha. 2018. Kemauan dan Kemampuan Membayar (Ability – Willingness To Pay) dalam Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional pada Sektor Informal Pedagang Pasar Tradisional di Kota Denpasar 2017. Jurnal Kesehatan Terpadu, 2(2): 96-100.
Hanifah, U. 2015. Aktualitas Carbon Emission Disclosure: Sebagai Dasar dan Arah Pengembangan Triple Bottom Line. Syariah Paper Accounting, 1(1): 125-135.
Hazfiarini, A. dan Ernawaty. 2016. Indeks Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan terhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4(2): 77-96.
Hermowo, dan I. Wahyudi. 2018. Analisis Tarif Layanan Kesehatan BPJS Kesehatan (INA-CBGS) dan Efisiensi Layanan Tahun 2017 (Studi Kasus pada RS. XXX). Jurnal Riset Manajemen, Perbankan, dan Akuntansi, 2(1): 16-35.
Itang. 2016. BPJS Kesehatan dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Ahkam, XV(2): 153-162.
Mardiasmo. 2019. http://www.katadata.co.id/berita/2019/09/10/iuran-bpjs-naik-subsidi-kesehatan-orang-miskin-bertambah-jadi-rp-49-t. Diakses pada 11 September 2019.
Kurnia, A. N. dan A. Nurwahyuni. 2015. Analisis Perhitungan Kapitasi pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang Bekerja Sama dengan BPJS Kesehatan KCU Kota Bogor Tahun 2015. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 2(1): 24-31.
Kusuma A. I. dan M,. Farid. 2016. Pemahaman Terhadap Informasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (BPJS) Kesehatan dan Pemanfaatannya Dikalangan Masyarakat di Kabupaten Maros. Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2): 310-318.
Listiyana, I. dan E. R. Rustiana. 2017. Analisis Kepuasan Jaminan Kesehatan Nasional pada Pengguna BPJS Kesehatan di Kota Semarang. Unnes Journal of Public Health, 6(1): 53-58.
Londo, P. J., A. A. T. Tucunan, dan F. R. R. Maramis. 2018. Hubungan Antara Karaktersitik Peserta BPJS Kesehatan dan Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas di Wilayah Kerja Puskesma Tahuna Barat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 1(1): 1-19.
Luhgiatno. 2007. Akuntansi Sosial Bentuk Kepedulian Perusahaan terhadap Lingkungan. Fokus Ekonomi, 2(2): 1-16.
Marhenta, Y. B., Satibi, dan C. Wiedyaningsih. 2018. Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan BPJS dan Karakteristik Pasien terhadap Kepuasan Pasien di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. JMPF, 8(1): 18-23.
Murni, S. 2011. Akuntansi Sosial: Suatu Tinjauan Mengenai Pengakua, Pengukuran, dan Pelaporan. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 2(1): 27-44.
Novrialdi. 2017. Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Siak Tahun 2016. JOM FISIP, 4(2): 1-15.
Nuraini, N,, Gatot Suryo K. dan H. Yusmaini. 2016. Hubungan Faktor Demografi, Periode, dan Lama Kerja Dokter terhadap Keterlambatan Pengisian Resume Medis Pasien BPJS di Ruang Rawat Inap RSAU Dr. Esnawan Antariksa. Jurnal Profesi Medika, 10(1): 14-20.
Oesman, H. 2017. Pola Pemakaian Kontrasepsi dan Pemanfaatan Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam Pelayanan Keluarga Berencana di Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 8(1): 15-29.
Oktoriani, E. N., J. Sutrisno, E. Mayasari, dan M. A. Sodik. 2018. Analysis of Medical Record Complete Flexibility to Complete Claims of Health BPJS RS Baptis Kota Batu. Journal of Global Research in Public Health, 3(1): 46-53.
Pertiwi, A. A. N. 2016. Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan pada Pasien BPJS dan Pasien Umum terhadap Kepuasan Pasien di Rawat Jalan RSUD Kota Surakarta. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(2): 113-121.
Pertiwi, M. dan H. Nurcahyanto. 2016. Efektivitas Program BPJS Kesehatan di Kota Semarang (Studi Kasus pada Pasien Pengguna Jasa BPJS Kesehatan di Puskesmas Srondol. JOM FISIP UNDIP, 3(1): 1-14.
Prakoso, S. B. 2015. Efektivitas Pelayanan Kesehatan BPJS di Puskesmas Kecamatan Batang. Economic Development Analysis Jurnal, 4(1): 73-81.
Pratiwi, R. dan L. Moh. S. Ramadlan. 2016. Analisis Kemapuan (ATP) dan Kemauan (WTP) Membayar Premi BPJS Kesehatan Pekerja oleh Pemilik UKM di Pertokoan Tekstil di Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati, 1(2): 95-108.
Rahman, M. 2017. Kualitas Layanan Kesehatan Pasien Peserta Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 7(1): 30-37.
Rarasati, D. H. 2017. Dampak Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan terhadap Pelayanan Kesehatan di Kota Malang. Jurnal Politik Muda, 6(1): 34-40.
Rifandi, M. dan P. Shofiani. 2019. Pengaruh Sistem Pembayaran Asuransi Kesehatan BPJS terhadap Akuntansi Pendapatan Rumah Sakit (Studi pada RS PKU Muhammadiyah Gamping). RELASI Jurnal Ekonomi, 15(1): 51-68.
Sari, F. P. 2015. Persepsi Masyarakat Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Mandiri dalam Pelayanan RSUD Lubuk Basung Kabupaten Agam. JOM FISIP, 2(2): 1-15.
Semaun, S. dan Juneda. 2018. Sistem Pengelolaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Mandiri Kota Parepare (Analisis Hukum Ekonomi Islam). Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum, 16(2): 284-306.
Simanjuntak, J. dan E. S. Darmawan. 2016. Analisis Perubahyan Peraturan Presiden No. 19 Tahun 2016 tentang Jaminan Kesehatan Menjadi Peraturan Presiden No. 28 Tahun 2016 tentang Jaminan Kesehatan. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 5(4): 176-183.
Siswati, Sri. 2015. Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Unit Rawat Inap RSUD Kota Makassar. Jurnal MKMI, 1(1): 174-183.
Sopyan, Y. 2014. Corporate Social Reposition sebagai Implementasi Fikih Sosial dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ahkam, XIV(1): 53-61.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-21. Bandung: Alfabeta.
Suryani, A. I. dan A. Suharyanto. 2016. Implementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kesehatan di Rumah Sakit Umum Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Administrasi Publik, 4(1): 86-99.
Sutinah, E. dan O. R. Simamora. 2018. Metode Fuzzy Servqual dalam Mengukur Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Layanan BPJS Kesehatan. Jurnal Informatika, 5(1): 90-101.
Syukur, C. R. M. 2018. Peran BPJS Kesehatan terhadap Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat Perspektif Maqashid Al-Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 2(1): 1-17.
Tampi, A. G. Ch., E. J. R Kawung, dan J. W. Tumiwa. 2016. Dampak Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan terhadap Masyarakat Kelurahan Tingkulu. E-jurnal “Acta Diurna”, V(1): 1-14.
Tule, R. A., S. Siyoto, M. S. Dwianngimawati, dan M. A. Sodik. 2018. The Analysis Factors Affecting Interest in Medication of Receipt Help Aid BPJS Participants in Balowerti Public Health Center Kediri City. Journal of Global Research in Publich Health, 3(1): 68-75.
Wauran, A. L. V. 2016. Pentingnya Sistem Akuntansi terhadap Pertanggungjawaban Sosial pada Suatu Perusahaan. Jurnal EMBA, 4(4): 1126-1131.
Widada, T., A. Pramusinto, dan L. Lazuardi. 2017. Peran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Implikasinya terhadap Ketahanan Masyarakat. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2): 199-216.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.