PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2017

Authors

  • Desi Puspitasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram
  • Baiq Nurul Suryawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram

Keywords:

Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Good Corporate Governance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai variabel moderasi, variabel dependen dalam penelitian ini yaitu nilai perusahaan, variabel independenya yaitu profitabilitas dan variabel moderasinya adalah Good Corporate Governance. Populasi dalam penelitian ini, yaitu  perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Teknik pemilihan sampel dengan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu, berdasarkan kriteria tersebut didapatkan 8 perusahaan makanan dan minuman yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan Good Corporate Governance tidak memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman.

References

Black, B. Jang, H. and Kim, W. 2001. Does Corporate Governance Affect Firm Value? Evidence from Korea. Journal of Law, Economic, and Organization, 22.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terjemahan.Edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.

Gitman, Lawrence J. 2006.Principles of Manajerial Finance. International Edition, 10 th edition. Boston, Pearson Education.

Gwenda, Zefanya dan Juniarti. 2013. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Pada Variabel Share Ownership, Debt Ratio, dan Sektor Industri Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Business Accounting Review, Vol. 1:137-150.

Hanafi, Mamduh M, 2013, Manajemen Keuangan.Edisi 1.BPFE.Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2008. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Harjito, Agus dan Martono. 2010. Manajemen Keuangan. Ekonisia.Yogyakarta.

Keown, A.J. 2004. Manajemen Keuangan, Terjemahan Haryandini edisi 9. Indeks. Jakarta

Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).2006. Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia. Jakarta.

Margaretha, Farah. 2011. Manajemen Keuangan untuk Mananajer Nonkeuangan.. Jakarta.Erlangga.

Mustikaningrum, Maria Anggit. 2011. Pengaruh Penerapan Corporate Governance dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Pasar Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Corporate Governance Perception Index Tahun 2006-2009. Skripsi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Solimun, Fernandes, dan Nurjannah. 2017. Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM). UB Press. Malang.

Ujiyantho dan Pramuka.2007.Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan go publik Sektor Manufaktur). Jurnal Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar.

Wolk,et al. 2001. Signaling, Agency Theory, Accounting Policy Choice. Accounting and Business Research, Vol. 18 No.69:47-56 (1).

Downloads

Published

2019-06-25

How to Cite

Puspitasari, D. ., & Nurul Suryawati, B. . (2019). PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2017. JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 5(1), 17–26. Retrieved from https://jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/252