Pengaruh Customer Service Terhadap Loyalitas Nasabah PD. BPR NTB Bima

Authors

  • Syarifudin Syarifudin Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, NTB
  • Sri Ernawati Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, NTB

Keywords:

customer servive, customer loyalty

Abstract

Dalam memberikan pelayanan, bank tentu mewajibkan seluruh karyawan dan personal yang ada di dalamnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik khususnya pelayanan customer service dikarenakan customer service adalah personal yang lebih banyak menerima keluhan-keluhan dari nasabah. Customer service harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik, agar nasabah merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer service terhadap loyalitas nasabah pada PD. BPR NTB Bima. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah nasabah aktif PD. BPR NTB Bima. Pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik secara accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2) dan uji t. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 21.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh customer service terhadap loyalitas nasabah

References

Amirullah. 2013. Metodologi Penelitian Manajemen. Malang: Bayumedia

Husein Umar, 2015, Metodologi Penelitian, Aplikasi Dalam Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Hutabalian H. Yuniarta dan Kalangi Samuel Johnny, 2015. Peran Customer Service dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Di Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Politeknik. e-Journal “Acta Diurna” Volume IV. No.3

Imelda Sri, 2017. Kualitas Pelayanan Customer Service dan Loyalitas Nasabah Pada Bank BRI Unit Veteran Banjarmasin. Jurnal INTEKNA, Volume 17, No. 2, Nov 2017: 79-147

Ruslan, Rosady, 2014., Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi), Edisi Revisi., Jakarta: Rajawali Pers.

Usvita Mega dan Sari Yestika Pipi, 2013 Pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap berpengaruh terhadap loyalitas nasabah tabungan Sikoci (Studi kasus pada Bank Nagari Cabang Ujung Gading).e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 1 No 2 Hal 103-109

Utami Tri Rahayu, 2014. 2014 Pengaruh Customer Service Terhadap Loyalitas Nasabah Di PT. AIA Financial Jakarta. Jurnal Ilmiah Niagara Vol. VII No. 1.

Downloads

Published

2020-06-25

How to Cite

Syarifudin, S., & Ernawati, S. . (2020). Pengaruh Customer Service Terhadap Loyalitas Nasabah PD. BPR NTB Bima. JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 6(1), 1–4. Retrieved from https://jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/250