Pengaruh Lokasi Bank, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Sinarmas Medan

Authors

  • Demak Claudia Yosephine Simanjuntak Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Prima Indonesia
  • Calvin Limbert Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Prima Indonesia
  • Darwin Edison Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/jseh.v8i4.143

Keywords:

Location, Product Quality, Service Quality, Customer Statisfaction

Abstract

Bank Sinarmas Medan merupakan salah satu Bank yang sudah lama berdiri dan memiliki banyak kantor cabang di kota Medan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi Bank, kualitas produk, kualitas pelayanan Anjungan Tunai mandiri (ATM) terhadap kepuasan nasabah PT Bank Sinarmas Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian di Bank Sinar Mas Jalan mangkubumi No.18 Medan pada Desember 2021. Populasi adalah nasabah yang berkunjung pada periode Desember 2021 dengan jumlah 225 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Slovin, maka dapat ditetapkan sampel sebanyak 144 nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji-t dan uji-F . Hasil penelitian yang ditemukan bahwa lokasi Bank, kualitas produk, kualitas pelayanan Anjungan Tunai mandiri (ATM) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah PT Bank Sinarmas Medan. Pengaruh tersebut sebesar 61,2%, sedangkan sisanya sebesar  38,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidka diteliti pada penelitian ini.

References

Algifari. (2017). Analisis Regresi, Teori, Kamus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE UGM.

Asti, E.G. dan Ayuningtyas, E.A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(1): 1-14. http://journal.lppmpelitabangsa.idindex.phpekomabisarticleview22. Diakses 30 Agustus 2021.

Fandy, Tjiptono. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Ismail. (2014). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12.Jakarta: PT. Indeks.

Kuswatiningsih. (2016). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Rimawan, Erry., Mustofa, Ali., dan Mulyanto, Angga Dwi. (2017). The Influence of Product Quality, Service Quality and Trust on Customer Satisfaction and Its Impact on Customer Loyalty (Case Study PT ABC Tbk. International Journal of Scientific & Engineering Research, 8(7).

https://www.researchgate.net/publication/338166151_The_Influence_of_Product_Quality_Service_Quality_and_Trust_on_Customer_Satisfaction_and_Its_Impact_on_Customer_Loyalty_Case_Study_PT_ABC_Tbk

Rembet, V.N., at al. (2020). Pengaruh Service Performance, Kepercayaan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Sulutgo Cabang Beo. Jurnal EMBA, 8(3): 332-343.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/30239/29234.

Rusydi. (2017). Customer Excellence. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Jakarta: Rajawali

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Simanjuntak, D. C. Y. ., Limbert, C. ., & Edison, D. . (2022). Pengaruh Lokasi Bank, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Sinarmas Medan. JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 8(4), 479–484. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i4.143