PENGARUH LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Dewi Rahmasari Fakultas Ekonomi, Universitas Mataram
  • Embun Suryani Fakultas Ekonomi, Universitas Mataram
  • Sri Oktaryani Fakultas Ekonomi, Universitas Mataram

Keywords:

Leverage, Likuiditas, Nilai Perusahaan dan Kebijakan Dividen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening”. Sampel penelitian diambil dari perusahaan sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2017 dengan metode purposive sampling. Diperoleh 10 perusahaan sebagai sampel, yang diobservasi selama 6 tahun dengan total observasi sebanyak 60. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, analisis outer model, analisis inner model dan uji hipotesis dengan bantuan SmartPLS 3.2.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Leverage dan Kebijakan Dividen tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Leverage tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen dan Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Pengaruh tidak langsung menunjukkan variabel Leverage dan Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaann melalui Kebijakan Dividen 

References

Ang, Robert. 2010. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia (Edisi 7). Jakarta: Media Soft Indonesia.

Arilaha, Muhammad Asril. 2009. Pengaruh Free Cash Flow, Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Keuangan dan Perbankan Vol. 13 No. 1. Universitas Khairun Ternate.

Brigham, Eugene F. Dan Houston, Joel F. 2006. Fundamentals of Financial Management. Tenth Edition, Buku I. Terjemahan dari: Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham, Eugene F. Dan Houston, Joel F. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji, T. Dan Fakhrudin M. H. 2006. Pasar Modal di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta:Salemba Empat.

Dasuha, Batista Leonardo P. 2016.Pengaruh CurrentRatio, Profitabilitas, Solvabilitas Dan Ukuran Perusahaantas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur YangTerdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Sumatera Utara.

Djarwanto. 2004. Pokok-pokok Analisa Laporan Keuangan, Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Ghozali, Imam. 2006. Structural Aquation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gultom, Robinhot, Agustina dan Sri Widia Wijaya. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Volume 3, Nomor 01. STIE Mikroskil.

Hanif, Muammar dan Bustamam. 2017. Pengaruh Debt to Equity, Return On Asset, Firm size dan Earning Per Share terhadap Dividend Payout Ratio (studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA). Universitas Syiah Kuala.

Harahap, Sofyan Syafri. 2007. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Harahap, Sofyan Syafri.2013. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan Edisi 11. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Hartanti, Puji. 2014. Analisis Rasio Likuiditas, Rasio Leverage Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Price To Book Value (Studi Kasus Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasania, Zuhria, Sri Murni dan Yunita Mandagie. 2016. Pengaruh Current Ratio, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan ROE Terhadap Nilai Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2014. Jurnal berkala ilmiah efisensi Vol. 16 No. 03. Universitas Sam Ratulangi.

Hasibuan Veronica, Moch Dzulkirom dan N G Wi Endang NP. 2016. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 39 No. 1. Universitas Brawijaya.

Hidayati, Eva Eko. 2010. Analisis Pengaruh Der, Dpr, RoeDan Size Terhadap Pbv Perusahaan Manufaktur YangListing Di Bei Periode 2005-2007.Jurnal Bisnis StrategiVol. 19No.2Desember 2010. Universitas Diponegoro,

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2015. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Jariah, Ainun. 2016. Likuiditas, Leverage, Profitabilitas Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Di Indonesia Melalui Kebijakan Deviden. Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia. STIE Widya Gama Lumajang.

Kahfi, Dudi Pratomo dan Wiwin Aminah. 2018. Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total AssetsTurnover Dan Return On Equity Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food And Beverage Yang TerdaftarDi Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011 – 2016). Universitas Telkom.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lebelaha, Devina L. A. dan Ivonne S. Saerang. 2016. Pengaruh Price Earnings Ratio, Debt To Equity Ratio Dan Dividend Payout Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Bumn Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 02. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Mardiyati, Umi, Gatot Nazir Ahmad dan Ria Putri. 2012. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2005-2010. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Marlina, Lisa dan Clara Danica. 2009. Analisis Pengaruh Cash Potion, Debt to Equity Ratio, dan Return On Asset terhadap Dividend Payout Ratio. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 2 No. 1.

Mery , Kiki Noviem. 2017. Pengaruh Likuiditas, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014. JOM Fekon Vol. 4 No.1. Universitas Riau.

Miraza, Zuwina. 2013. Pengaruh Dividen terhadap Hubungan antara Return On Asset, Debt to Equity Ratio dan Current Ratio dengan Harga Saham Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di BEI. Jurnal e-maksi Harapan Vol. 1 No. 1. STIE Harapan Medan.

Oktaryani, G.A. Sri et.al. 2016. Pengaruh Free Cash Flow Dan Leverage Terhadap Harga Saham Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Distribusi. Universitas Mataram.

Pesiwarissa, Peatriex. 2014. Analisis Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Nilai Perusahaan. Perbanas Institute.

Putri, I, F. & Nasir, M. 2007. Analisis Persamaan Simultan Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institucional, Risiko, Kebijakan Utang, dan Kebijakan Dividen Dalam Perspektif Teori Keagenan. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.

Qodir, Dul, Suseno dan Wardiningsih. 2016. Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen SebagaiVariabel Moderasi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Vol. 10 No. 2 DesemberUniversitas Slamet Riyadi Surakarta.

Rahayu, Alia Sugeng dan Mohammad Hari. 2018. Pengaruh Current Ratio dan Quick Ratio terhadap Kebijakan Dividen melalui Return On Equity pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014. Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun 21, No 2. Universitas Negeri Malang.

Rakhmawati, Annisa Desi. 2017. Pengaruh Current Ratio (CR), Leverage, Return On Asset (ROA) dan Growth terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Profita Edisi 5. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramadhan, Gema Fajar, Fitria Husnatarina Dan Leliana Maria Angela. 2018. Pengaruh Kebijakan Hutang Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Kelompok Lq 45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Jurnal Riset Akuntansi Keuangan Vol. 3 No. 1. Universitas Palangkaraya.

Sartono, Agus. 2001. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPEF-YOGYAKARTA.

Senata, Maggee. 2016. Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tercatat Pada Indeks Lq-45 Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Vol. 6. No. 1. STIE Mikroskil.

Septiani, Eka. 2017. Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2012-2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sudana, I Made. 2011.Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Cetakan ke-27. Bandung:Alfabeta.

Sukoco, Heri. 2013. Analisis Pengaruh Debt To EquityRatio, Profitabilitas, Firm Size, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Mediasi Dividend Payout Ratio(Studi Pada Industri ManufakturDi Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2009-2011. Jurnal Bisnis Srategi Vol. 22 No. 2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Doponegoro.

Syarif. 2014. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi kasus pada perusahaan Food and Beverage yan terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wahyuni, Sri Fitri dan Muhammad Shareza Hafiz. 2018. Pengaruh CR, DER, dan ROA terhadap DPR pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah Vol. 1 No. 2. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Wati, Nni Kadek Ari Lina dan Ni Putu Ayu Darmayanti. 2013. Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kinerja Keuangan terhadap Kebijakan dividen dan Nilai Perusahaan. Universitas Udayana.

www.idx.co.id

www.sahamok.com

Downloads

Published

2019-06-25

How to Cite

Rahmasari, D. ., Suryani, E. ., & Oktaryani, S. . (2019). PENGARUH LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING . JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 5(1), 66–82. Retrieved from http://jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/268

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>