EFEKTIVITAS EKONOMI PRODUKTIF BAGI MANTAN KORBAN NAPZA

Authors

  • Popon Srisusilawati Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Universitas Islam Bandung
  • Torik Akbar S. Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Universitas Islam Bandung

Keywords:

Korban NAPZA, Ekonomi Produktif, Efektivitas

Abstract

Bagi sebagian besar masyarakat, seseorang yang telah menjadi pecandu NAPZA meskipun telah berhenti tetap saja di pandang negatif. Permasalahan tersebut menjadi hambatan besar bagi mantan pengguna NAPZA untuk mengembangkan dirinya. Ekonomi produktif adalah penciptaan kesempatan bagi masyarakat untuk masuk dalam arus ekonomi yang bertumpu pada jaringan kemitraan antara Yayasan Grapiks Bandung dengan mantan korban NAPZA. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan jenis penelitian termasuk penelitian dekriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah ekonomi produktif yang dilaksanakan di Yayasan Grapiks Bandung merupakan salah satu bentuk pelatihan dalam upaya melatih keterampilan sesuai kemampuan  masing-masing mantan korban NAPZA. Efektivitas ekonomi produktif yang dilakukan Yayasan Grapiks Bandung dinilai sudah efektif yaitu sebesar 69,25%.

References

Abdulrahmat. (2003). Efektivitas Implementasi, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Bisnis Syariah. Bandung : Alfabeta.

Danim, Sudarwan. (2004). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

David Krech, Richard S. Cruthfied dan Egerton L. Ballachey dalam Danim.(2012). Individual and Society.

Euis Hasmita Putri. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Samarinda (Studi Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Samarinda). eJournal Administrasi Negara, Volume 5 , Nomor 1 , hal. 5431 – 5445

Gibson,JL JM dan JH Donelly. (2001). Organisasi. Jakarta : Erlangga.

Ilfi Nur Diana. (2008). Hadis-Hadis Ekonomi. Malang: UIN MALANG PRESS. Hal. 211.

Mulyasa. (2002). Management Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

P3EI. (2009). Ekonomi Islam. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rohmaniyati, R. (2016). Pemberdayaan Gelandangan Dan Pengemis (Gepeng) Melalui Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Di Lembaga Sosial Hafara Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 5(2).

Setiawan, B., Muntaha, A., Sriati, A., & Bintarti, A. (2014). Metode Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: Mandar Maju.

Sholihin,M. (2013). Pengantar Metodologi Ekonomi Islam. Yogyakarta : Ombak.

Sondang P. Siagian. (2001). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Steers, M.Richard. (1985). Efektivitas Organisasi. Jakarta : Erlangga.

Sulaiman, A. I. (2016). Peran Yayasan Pendidikan Islam Nurul Ickhsan Al-Islami dalam Rehabilitasi Sosial dan Ekonomi Bagi Pecandu Narkoba Melalui Pengobatan Herbal (Non Medis), Pendekatan Spiritual (Islami) dan Program Pemberdayaan. Kontekstualita, 32(2)

Tumimbang, R. (2013). Pembinaan Korban Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya (Narkotika, psikotropika dan zat adiktif (NAPZA) di Sulawesi Utara. Lex Crimen, 2(3).

Wirawan, I. M. O., Zukhri, A., & Tripalupi, L. E. (2015). Efektivitas Program Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (Uep) Dalam Upaya Peningkatan Kesempatan Kerja Dan Pendapatan Rumah Tangga Miskin (Rtm) Di Kecamatan Kerambitan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Downloads

Published

2019-06-25

How to Cite

Srisusilawati, P., & Akbar S. , T. . (2019). EFEKTIVITAS EKONOMI PRODUKTIF BAGI MANTAN KORBAN NAPZA . JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 5(1), 8–16. Retrieved from http://jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/249